Trend Center Aplikasi NANDA-I, NIC, NOC di rumah sakit

Beberapa waktu yang lalu tepatnya tanggal 13 Maret 2008 kita diundang sebagai pembicara pada seminar yang dilakukan PPNI Grobogan di RSU Purwodadi. Acara tersebut digagas oleh PPNI Kab. Grobogan sebagai rangakian Ulang Tahun PPNI yang tepatnya pada tanggal 17 Maret beberapa waktu lalu yang kita kinal sebagai “Indonesian Nursing Day”.

Pada kegiatan tersebut selain acara seremonial ulang tahun PPNI, juga dilakukan seminar dengan dua topik yang berbeda, yaitu “Standarisasi, Sertifikasi, dan Legislasi perawat” dengan pembicara dari PPNI Jawa Tengah dan “Proses keperawatan berbasis NANDA, NIC, NOC” dengan pembicara dari RSU Banyumas.

Hal yang menarik dari kegiatan tersebut adalah ternyata gaung NANDA, NIC, NOC yang pertama kali di kumandangkan oleh PSIK UGM sekitar tahun 2005 sampai saat ini masih belum semua perawat mengenal meskipun untuk mendengar istilah NANDA,NIC,NOC sudah sering mendengar akan tetapi bagaimana mengaplikasikannya masih merupakan suatu hal yang membuat penasaran.

RSUD Banyumas “mencoba” mengaplikasikan NANDA,NIC,NOC dalam tataran klinis sudah dimulai sekitar tahun 2004-2005. Meskipun menggunakan sumber-sumber yang terbatas kami berusaha untuk ‘menterjemahkan” NANDA,NIC,NOC yang oleh sebagian teman perawat masih dianggap sulit diterapkan menjadi hal yang membumi setidaknya di bumi RSU Banyumas.

Semenjak diadakannya seminar dan workshop nasional pada tahun 2006 tentang Aplikasi SIM Keperawatan berbasis NANDA,NIC,NOC di Baturaden Purwokerto, RSU Banyumas dikenal sebagai rumah sakit yang berhasil mengaplikasikan dokumentasi / proses keperawatan berbasis NANDA,NIC,NOC.

Sehingga tidak berlebihan apabila RSU Banyumas dikatakan sebagai trend center untuk aplikasi NANDA,NIC,NOC di rumah sakit di Indonesia (?). Atas beberapa permintaan kita diminta untuk mensosialisasikan tentang dokumentasi proses keperawatan berbasis NANDA,NIC,NOC seperti pada tanggal 18 Maret 2008 yang lalu kita diminta oleh Ikatan Perawat Kesehatan Jiwa (IPKJI) Jawa Timur untuk berbicara tentang komputerisasi dokumentasi keperawatan berbasis NANDA,NIC,NOC bersamaan dengan Pembicara Bu Budi Ana Keliat, dan Bu Intansari Nurjanah.

Saat ini sedang kami susun modul Continue Education tentang Aplikasi Praktis NANDA,NIC,NOC yang akan kami terbitkan dalam Blog Komite Keperawatan RSU Banyumas, semoga dalam waktu dekat segera terbit.

Modul yang kita susun merupakan modul yang simpel dan praktis aplikatif. Apabila anda membutuhkan dengan model pelatihan yang lebih intens baik dokumentasi secara manual berupa konsep aplikatif NANDA,NIC,NOC maupun konsep Komputerisasi bisa menghubungi kami di Komite Keperawatan RSU Banyumas. OK

About these ads

Tentang Ong Rosyadi

Seorang Ners jebolan PSIK UGM punya sedikit pengalaman di emergency nursing, medical surgical nursing, nursing education, hypnotherapy, wound care, NLP Sekarang hidup di dua kota Banyumas dan Jogjakarta dan sekitarnya Senang berbagi dengan semua saja yang membaca blog ini, semoga bermanfaat

Posted on Maret 22, 2008, in resonansi. Bookmark the permalink. 1 Komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 331 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: