Mitra Dokter Spesialis

Judul di atas mengandung pengertian yang mendalam, menarik untuk disimak dan memiliki nilai yang berarti karena sebuah penghargaan berupa “MITRA”. Dalam kamus bahasa Indonesia, mitra diartikan sebagai “1 teman; sahabat, 2 kawan kerja; pasangan kerja”. Indah sekali bila ada institusi kesehatan yang menempatkan profesi lain sebagai mitra dokter spesialis. Lebih-lebih jika program “Mitra Dokter Spesialis” dicanangkan oleh Departemen Kesehatan, yang notabene sebagai regulator kebijakan kesehatan di Indonesia.

Dan itulah yang tercetus oleh Dr. Bambang Giatno R, MPH Kepala Badan PPSDM Kesehatan, Depkes dalam Rapat Kerja Kesehatan Nasional 20-23 Oktober 2008 di Surabaya. (lihat makalah lengkapnya di http://www.depkes.go.id ). Bahkan untuk mendukung program itu, disediakan dana milyaran rupiah untuk tugas belajar bagi mereka yang mengikuti program mitra dokter spesialis.

Pertanyaannya, siapa yang dimaksud mitra dokter spesialis? Jangan kaget, karena mitra dokter spesialis yang dimaksud adalah mereka para perawat lulusan DIV perawat/bidan. Karena merekalah yang diberi anggaran biaya “tugas belajar” subsidi dari pemerintah untuk pendidikannya.

Kalau kita balik lagi kepada Kamus Besar Bahasa Indonesia, maka pertanyaan yang muncul adalah “Apakah teman-teman perawat kita yang S1, S2 bahkan Doktor tidak bisa menjadi kawan kerja atau pasangan kerja dokter spesialis? Bisa jadi bagitu, karena mereka yang melanjutkan S2 dan S3 dan yang mendapatkan dana besar untuk pendidikan lanjutan itu, memang mereka yang ada di institusi pendidikan. Bukan di institusi pelayanan. Sementara para dokter spesialis itu adanya di institusi pelayanan.

Atau penyebutan “mitra” itu hanya sekedar penghalus bahasa untuk mengganti sebutan “pembantu dokter spesialis”. Wallohu a’lam………

Silakan saudara yang menilai. Rakerkesnas sudah usai, kebijakan sudah di sepakati. Dan nasib kita………?

Pos ini dipublikasikan di open mind dan tag , . Tandai permalink.

4 Balasan ke Mitra Dokter Spesialis

  1. Mas Banyu berkata:

    Yang namanya mitra kan bisa berupa mitra kerja, mitra bisnis, atau bahkan mitra tanding. Lha kalo gitu..mitra dokter spesialis juga ada bermacam-macam. Perawat, rekam medik bisa disebut sebagai mitra kerja, detailer obat bisa disebut mitra bisnis, penyakit yang diderita pasien bisa disebut mitra tanding (saya mau sebut pasien saja sebagai mitra tanding kok agak aneh…🙂 ). Dan kalo saya sendiri sih disebut sebagai ‘kang mitra nggedebus’. Ya karena saya bisanya cuma nggedebus kayak ini…🙂

  2. Jason berkata:

    O iya yah?…..untung aku orang banyumas, jadi masih “mitra”. Nek aku wong Jeporo? Yo dadi “MITRO”. Bener Mas Banyu. Mitro Nggedebus….

  3. nyong ganyong berkata:

    seneng ya mitra-mitroan, bagusnya perawat ya memang menjadi teman kerja, yang bisa nyambung kalo diajak ngomong..

  4. nyong berkata:

    seneng ya mitra-mitroan, bagusnya perawat ya memang menjadi teman kerja, yang bisa nyambung kalo diajak ngomong..ilmunya perawat ketika duduk bareng profesi kesehatan pasti nyaambung deh. jadi jangan sungkan untuk belajar.kalau pengin dibilang mitra harus tahu ilmu dasarnya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s