Spiritual Journey, Upaya Menjaga Stamina Perawat

abi-baruKalau kita ingat-ingat lagi tentang fungsi perawat, maka di sana ada beberapa catatan yang menarik. Fungsi perawat yang luar biasa ini yang diambil dari filosofi perawatan, ternyata telah di ditanamkan sebagai pondasi kuat oleh para pendahulu kita. Tapi sayang fungsi itu belum secara optimal diperankan oleh kita.

Fungsi – fungsi yang belum optimal itu adalah ‘perawat sebagai pendidik dan sebagai advokat’. Sebagai pendidik dan advokat walaupun utamanya adalah untuk pasien, tapi berkat kebiasaan yang

telah melekat pada diri perawat dalam dua peran itu, ternyata ketika dihadapkan pada situasi-situasi tertentu, ternyata seorang perawat mampu memerankan fungsi itu pada tataran yang jauh lebih luas.

Bahkan seorang perawat dalam fungsinya sebagai pendidik, banyak yang telah mampu melampaui seorang pendidik biasa, tapi mampu memerankan sebagai seorang motivator sekaligus trainer.

Itulah yang dilakukan oleh taman-teman di Komite Perawatan RSU Banyumas. Itu pula yang telah menginspirasi terbentuknya Komunitas Trainer RSU Banyumas yang telah menghasilkan produk-produk training yang telah teruji kemanfaatannya.

Kami memiliki MAKSI Training (Manajemen Asuhan Keperawatan dan Sistem Informasi), Spirits Corner Training, Hypnotherapi Training dan yang paling popular adalah Spiritual Journey Training.

Bahkan yang terakhir (Spiritual Journey Training) telah banyak dimanfaatkan oleh komunitas non perawat seperti guru, mahasiswa, pelajar dan masyarakat umum.

Seperti menjelang Ujian Akhir Nasional beberapa bulan yang lalu, setidaknya ada sekitar 30 sekolah baik SMP maupun SMA yang memanfaatkan jasa training ini untuk mempersiapkan mental dan spiritual siswa dalam menghadapi ujian akhir nasional yang merupakan momok yang menakutkan baik bagi guru maupun siswa.

Beberapa show besar yang kami lakukan, kami diundang di RSUD Sragen, beberapa RS di Purwokerto, teman-teman mahasiswa PSIK UGM Yk lulusan 2007, beberapa Puskesmas di Banjarnegara, guru-guru SMA di beberapa SMA, bahkan sampai ke Darul Qur’an International Islamic School milik Ustadz Yusuf Mansyur di Tangerang. Dan paling fenomenal adalah ketika membawa siswa-siswa SMA se Banjarnegara yang jumlahnya sampai 2000 peserta di Hall Indonesian Power.

Saya sebagai Pilot Spiritual Journey Club dan Tulus Setiono sebagai Co Pilot, tentu dituntut untuk banyak belajar bagaimana memotivasi orang, meyakinkan, memberikan inspirasi bahkan meng-hipnotis peserta sebagai sebuah keniscayaan yang musti kami lakukan. Wal hasil….? Jangan ditanya deh, bagaimana respon peserta.

Kadang diantara peserta banyak yang histeris, teriak-teriak, menangis sejadi-jadinya. Tapi jangan salah… kita telah memiliki bekal yang sangat cukup sebagai Psikotherapi. Jadi tahu bagaimana menghadapi kondisi psikologis anak-anak yang histeris itu. Menarik dan sangat menyenangkan.

Sebagai motor penggerak perawat di RSU Banyumas, anggota Komite Perawatan musti memiliki kekuatan spiritual yang harus selalu diasah, agar memiliki stamina yang optimal. Tanpa stamina yang baik, bagaimana kita mampu menghadapi tantangan dengan tegar, bermain strategi dengan cantik, melakukan lobi dengan fun dan menjalin hubungan dengan harmonis. Tanpa kemampuan yang baik pula, bagaimana kita kita bisa membawa perawat kepada perubahan ke arah yang lebih baik.

Pos ini dipublikasikan di nurse story dan tag , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Spiritual Journey, Upaya Menjaga Stamina Perawat

  1. Doni berkata:

    jangan lupa visit us @ http://www.perawatonline.com
    be outstanding nurse…

  2. gENDIS berkata:

    Kalo perawat rangkap fungsi seperti itu, apa ga ada profesi lain (seperti psikolog, psikiater) yang merasa di intervensi tuh. Karena dasar hukum praktek perawat bukannya masih yes or no alias suatu profesi yang ambigu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s