Nyantrik 1

Laporan Pendahuluan (LP), Pre Converence, Post Converence, Ronde Keperawatan, Presentasi Kasus, Kasus Kelolaan, Journal Reading, Suplemen, Bed Side Teaching adalah serangkaian aktifitas yang dilakukan baik oleh institusi pendidikan maupun lahan praktek mahasiswa, untuk memenuhi aktifitas pembelajaran mahasiswa keperawatan agar mahasiswa keperawatan setelah lulus nanti, menjadi perawat yang profesonal.

Itu kira-kira harapan kita bersama. Mahasiswa dibekali dengan teori yang banyak tentang kasus kelolaan, dibekali dengan kemampuan analisa masalah, dibekali juga dengan ketrampilan tindakan perawatan dan bekal-bekal yang lain.

Kamipun bertahun-tahun mengelola mahasiswa dengan pendekatan-pendekatan itu, terlepas dari ada yang jalan ideal atau sebaliknya.

Tapi silakan kita semua uji coba di lapangan. Bila saudara bekerja di institusi pelayanan (Rumah Sakit atau Puskesmas), kemudian ada seorang perawat baru yang ingin bekerja di institusi saudara, dia baru lulus D3 Keperawatan dengan gelar AMK (bukan mahasiswa extensi). Bawalah dia ke unit perawatan, boleh rawat inap atau IGD.

Kemudian carilah pasien yang baru masuk ke unit perawatan. Serahkan pasien itu kepada perawat baru itu. Dan katakan ke dia, “Silakan kelola pasien baru ini”.

Apa kira-kira yang terjadi……………?

Apa yang ada di benak saya, mungkin sama dengan yang ada di benak saudara. Perawat baru itu kurang lebih akan berkata begini, “Diapain Mas? Diinfus dulu aja ya? Atau gemana Mas?”

Teman kita yang masih yunior itu ternyata memang belum siap betul untuk menghadapi kasus real di lapangan. Banyak hal yang masih perlu disiapkan, bukan hanya teori dan ketrampilan saja, tapi juga persiapan psikologi sebagai perawat. Dan jangan dilupakan teori yang aplikatif pun musti dikenalkan kepada mereka.

Saya mendapatkan cerita dari seorang mahasiswa yang akan praktek di Perawatan Kritis. Ada Gadar, ICU, ICCU, HCU dll. Dia bercerita tentang teori yang didapatkan ketika kuliah Gadar. Ada RJP, Bidai dan banyak lagi. Ternyata dari cerita yang panjang itu, sedikit sekali atau bahkan tidak ada dari teori yang diterima mahasiswa itu, yang diberikan untuk setting Rumah Sakit. Teori Gadar yang diterima oleh mahasiswa kebanyakan adalah setting pra hospital.

Tapi sudahlah… kita tak perlu mengutuk kegelapan. Menyalakan lilin mungkin akan lebih bijaksana.

Mencermati keadaan seperti di atas itulah, Komite Perawatan, Bidang Perawatan dan Bidang Diklitbang RSU Banyumas, membuat desain bimbingan untuk mahasiswa D3 Keperawatan dengan sebutan “Nyantrik”.

Nyantrik adalah kosa kata jawa yang banyak dipakai di pesantran. Seorang siswa pesantren tradisional jaman doeloe, akan selalu mengikuti ke mana kiyai/romo guru pergi, dan apapun yang dilakukan oleh romo guru itu diikuti atau ditiru.

Konsep ini yang kemudian akan diterapkan di Rumah Sakit kami dalam mengelola mahasiswa D3 keperawatan. Dalam satu ruang, ada 6-8 Clinical Instructur yang akan membimbing mahasiswa. Konsentrasi mereka adalah pada Bed Side Teaching, tanpa mengurangi aktifitas pembelajaran yang lain.

Satu orang mahasiswa akan mengikuti aktifitas CI apapun aktifitasnya. Di sinilah proses transfer of knowladge akan terlaksana. Dan bagaimana efek berikutnya yang dapat kita ambil manfaatnya?

bersambung……………

Pos ini dipublikasikan di nursing artikel dan tag , , , , , , , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Nyantrik 1

  1. taufik alhidayah berkata:

    emang betul mz,…adik2 qta lom siap kalo harus terjun langsung ke lapangan setelah lulus,apalagi mindset mereka sekarang sedikit bergeser……

    jason : begitu ya?

  2. nancy susanita berkata:

    baru buka neh…
    iya ya? ternyata jadi seorang CI harusnya nyaris perfect, kan harus ada transfer of knowledge ke peserta didik, yang bisa menentukan goal or output yang berhasil, yaitu perawat yang ready to use di lahan praktik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s