Harapan itu Masih Ada

Komite Perawatan RSU Banyumas 20-22 Februari yang lalu diundang untuk memberikan pembekalan Pelatihan Clinical Instructure di Akper Pemkot Tegal. Ini memang berbeda dari kebiasaan “ritual” yang dilakukan oleh teman-teman pengelola pendidikan.

Yang sering dijumpai dan hampir selalu dijumpai, pelatihan CI yang diadakan oleh institusi pendidikan selalu memanggil pembicara hebat dari Ibu Kota atau setidaknya berbasis pendidikan. Tapi sesuatu yang luar biasa memang ketika Akper Pemkot Tegal itu memanggil kami.

Ada beberapa catatan yang mungkin perlu kami sampaikan :

1. Apa yang kami berikan dalam pelatihan itu adalah sesuatu yang memang kami lakukan. Dengan begitu, teori kami tentu tidak terlalu mendalam, karena memang kami tidak terlalu teoritis.

2. Bila kami yang bicara kepada teman-teman peserta yang mayoritas dari institusi pelayanan (RS), karena CI itu adanya di institusi pelayanan, mungkin akan lebih pas untuk memotivasi, karena kami menyampaikan apa yang kami perbuat. Bukan lagi teori-teori yang sulit untuk diaplikasikan.

3. Pengalaman berharga bagi kami, karena di sana kami bisa sharing dengan banyak CI, calon CI dan para Pendidik. Masukan, diskusi, apresiasi, keluhan dan informasi informasi yang penting kami dapatkan di sana.

4. Muncul kegairahan baru dan semangat baru pada mereka, betapa masih banyak temen-temen kita yang intens terhadap pendidikan perawat.

Melihat beberapa catatan itu, saya meyakini,  masih ada harapan untuk perbaikan di masa depan bagi pendidikan perawat.

Pos ini dipublikasikan di berita perawat dan tag . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Harapan itu Masih Ada

  1. Takur berkata:

    Sy sangat setuju ilmu perawatan yg bsa langsung dpt diaplikasikan jdi tdk trlalu njlimet krna sebagian org berpendapat bahwa ilmu perawat adalah ilmu terapan artinya semakin ilmu itu sering dtrapkan pd masyarakat maka smakin banyak , smakin trampil & smakin kreatip untuk menemukan inovasi-inovasi baru pada bidangnya….setujukah anda ??

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s