HYPNO ANESTESI bagi PERAWAT

bapak gagahIni merupakan pengalaman saya yang sangat berharga yang selama ini menjadi tanda tanya…Dalam hati Andapun bertanya bahwa hypnosis hanya akal-akalan yang bersifat mengelabui orang lain (suyet), dan berbau mistik ataupun sihir. Sebenarnya bukan sihir/mistik tetapi ilmiah dan semua Perawat bisa melakukan dan mengembangkannya
Dan sekarang ini dikalangan Perawat Praktisi sendiri telah banyak menggunakan seperti Hypnoterapi, hypnobird, hypno….dll
Untuk berbagi pengalaman saya akan uraikan dan berbagai pengalaman.
Sebenarnya Hypnosis ituadalah seni komunikasi prima, penyampaian informasi dari Sang hypnotis kepada subyek sebagai seni persuasi. Dengan hal tersebut kita semua kenal implementasi Perawat kepada Pasien “Komunikasi Therapetik”
Kalau di lihat sejarah hypnosis adalah zaman dahulu dikenal dan dihubungkan dengan berbagai ritual keagamaan dan kepercayaan, kekuatan magis, dan supranarural, tetapi pendapat tersebut ditentang oleh Ahli Dunia Barat yaitu Dr Franz Anton Mesmer, Fr Joseph Gassner, Marquis Chastenet Dp Puysegur dan Dr James Esdaile. Meraka itu termasuk / pakar Magnestism dimana seseorang yang diberikan sugesti sehingga tangan dan kakinya menjadi kaku dan terjadi proses “somnabulism
Menurut Dr James Braid (1842), Hypnosis adalah Acuan “Neurypnology”
JENIS HYPNOSIS
a. Stage Hypnosis
b. Medical Hypnosis
c. Anastesi Hypnosis
d. Hypno Teaching
e. Forensic Hypnosis
f. Methaphysical Hypnosis
g. Hypno Selling
h. Hypno Birthing
Celakanya hypnosis yang di beritakan oleh media massa dan elektronik hanya “Kejahatan Hypnosis sebagian besar adalah GENDAM”
Saya dan Chi Ong adalah peserta pelatihan HYPNO ANESTESI dengan narasumber dari National Community of Hypnotist, Minggu 31 Mei 2009 dengan trainer Bagus Happy dan Fardan. Mereka berdua adalah bukan dari kalangan kesehatan tetapi praktisi hypnotis yang mengembangkan hypnosis anestesi
Hypnosis Anestesi bagi kalangan Perawat dan Medis sebagai pengganti alternatif mengatasi rasa sakit tanpa zay kimia dengan tujuan untuk mengurangi kecemasan pasien, rasa sakit, menghilangkannyeri, rasa sakit atau mengalihkan rasa sakit menjadi rasa senang, mengurangi perdarahan dan mempercepat penyebuhan, tentu saja efisiensi bagi Pasien dan Perawat sendiri.
Hypnosis Anesthesi ini sangat baik untuk Perawat yang punya Balai Khitan, Khitan Center atau sejenisnya yang memberikan khitanan bagi publik (khususnya anak-anak). Ternyata benar bahwa Hypnosis yang dilakukan tanpa magic dan hanya komunikasi prima dengan komunikasi kepada Cortex Cerebri untuk mengalihkan rasa sakit yang dilakukan dengan cara santai dan nyaman secara optimal, mengoptimalkan rasa sakit atau mengubah rasa sakit…? Tentunya komunikasi yang prima, dimana keprimaan yang dimiliki setiap orang berbeda-beda, sehingga efek hypnosis yang diterima oleh setiap pasienpun berbeda -beda pula.
Mengapa saya didepan telah yakin bahwa hypnosis anastesi bukan gendam, sihir, dan bisa dibuktikan secara ilmiah karena saya sendiri telah melaksanakan dan mengembangkan dan mempraktekkan, terdiri dari, pasien kecemasan, kesakitan, Nyeri imsomnia dan juga kepada peserta pelatihan pelayanan excellent service bagi Perawat.
a. Penerapan pada pasien nyeri pinggang hebat dikarena seringnya angkat junjung pasien dan jenazah, dan kini terasa bugar dan eunaaak (tak minum obat)
b. Pada pasien imsonia dan nyeri hebat post operasi Ca Rectum dan berhasil baik pasien bisa rilek, nyaman dan merubah nyeri menjadi kenikmatan dan sakit dll
Dan teman saya telah mempraktekan kepada anak khitan dengan sirkumsisi dan perdarahan sedikit, tak nyeri dan tidak pakai lidocain inj. 2 % serta sukses dan juga dokter Gigi untuk mencabut gigipun dengan hypno anesthesi.
Yang menjadi pertanyaannya komunitas klinis(dokter, Perawat, Bidan) khususnya mereka yang menjadi dosen mau mengakui atau tidak secara klinis, karena hal tersebut perlu diuji klinis dan merugikan Pabrik obat khususnya Anti Nyeri dan Sakit serta anesthesi.
Pesan Saya sebagai mbah Perawat, Pelajari saja dan sering di praktekan kepada pasien, Insya Allah akan berkah dan bermanfaat

Tentang Ronin Hidayat M.Kes

Saya adalah Wakil Ketua Bani Ma'soem, Anak dari Bpk Mukhson dan Ny. Kamsinah (almarhum)
Pos ini dipublikasikan di open mind. Tandai permalink.

10 Balasan ke HYPNO ANESTESI bagi PERAWAT

  1. DEDI M berkata:

    Setuju perawat perlu membuka diri dan mau belajar dan mempraktekannya. Sy juga sudah mencoba mempraktekannya untuk subyek Obesitas… dahsyat… 2 mg bisa turun 2 kg.

    sy ingin coba untuk Khitan tapi scripnya masih bingung…, karna kadang anak tidak mau dihitan sejak dari rumah…dan memang takut dihitan.

  2. hari mulyono berkata:

    dimana belajar hypno anestesi berapa lama bisa menguasai ?

  3. noor berkata:

    Ass. Salam kenal.
    Mas saya seorang perawat, suka melakukan khitan.. mau belajar atau kursus Hypno Anastesi untuk daerah Bogor Jakarta , dimana ya. teima kasih untuk infonya

  4. septo berkata:

    Hypnoanastesi khitan bisa berhasil bagus apabila anak sangat mudah disugesti/penurut, namun apabila anak sudah takut sesampainya ditenpat praktek hasilnya juga lain, karena itu diperlukan hypnofobia dan hypnoedu didalamnya untuk mengusir takut dan diterima oleh pikiran klien.
    Penggunaan lidocain 2% menurut saya, tetap gunakan walo jumlahnya dikurangi hingga 75%, untuk mencegah sakit apabila ternyata fokus nak lepas dan terjadi nyeri. Salam kenal.

  5. Aries Tugu berkata:

    Salam kenal Pak Ronin Hidayat,
    Pengalaman menarik dan luar biasa. Ini salah satu peluang dan unjuk gigi perawat tentang kompetensinya.
    Bolehkah saya kenal dan menghubungi bapak via telp dan atau e-mail ?
    Sebelum dan sesudahnya saya ucapka terima kasih.
    Semoga Tuhan membukakan pintu kemudahan untuk mengenal Bapak…
    Matur Nuwun..

  6. Ronin Hidayat M.Kes berkata:

    Gimana Kabar Saudaraku..? Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Komite Perawatan RSU Banyumas. Itu literatul saat-saat terakhir saya tugas di RSU Banyumas, dan Komite Perawatan juga merupakan warisan saya sejak tahun 1998. Kalau Anda ingin contac Telp/HP :081328752232 atau via BLOG saya di mana saya sekarang bertugas dg alamat sdkdinkesbms.wordpress.com. Demikian dan terima kasih

  7. salam kenal pak…. demi perubahan Ners.
    program Hipnoteraphyst….sangat menarik.
    apakah boleh saya minta nfo lebih lanjut??? dimana saya bisa mengikuti pelatihannya?
    trims.
    saya dari Kabupaten Tulang Bawang. Prop.Lampung

  8. purwanto berkata:

    terkadang kita sebagai perawat tidak mau mencoba hal-hal yang barudan berbau tradisionla… mantab pak… !! lanjut terus…

  9. nuryadi berkata:

    program Hipnoteraphyst….sangat menarik.
    apakah boleh saya minta nfo lebih lanjut??? dimana saya bisa mengikuti pelatihannya?
    trims.

  10. jum berkata:

    pak kira2 untuk ngelanjutin Kuliah keperawatan ke jurusan anestesia di kampus mana y??

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s