OUR SPIRIT

Re-Muqodimah

Sebuah spirit yang melandasi mengapa lahir blog ini ……

Bahwa perjuangan itu tidak pernah bisa padam dan berhenti.. Tatkala dunia semakin berubah dengan berbagai tatanan pemikiran yang berkembang .. kiranya ujung jari ini masih bisa terus untuk bicara.. menskipun kadang tercekat..meskipun terkadang kelelahan.. namun pemikiran tetaplah harus berkembang..bukan hanya mewacana..namun genderang itu telah ditabuh.. meskipun di awal masih terdengar lirih..namun genderang itu semakin membahana.. menerjang batas-batas pemikiran..melintas dimensi waktu dan dimensi ruang menghujam ke dalam korteks serebri meresap ke dalam relung-relung pusat kesadaran kita semua… menggoyang sanubari kita ..menghentak sensor-sensor motorik kita.. bahwa kita harus tetap bergerak.. sekecil apapun itu.. bahkan hingga titik nadir “ke-diam-an” kita itu adalah sebuah level “ke-bergerak-kan kita bergerak non fisikal.. minimal gelombang-gelombang otak kita bekerja dari delta, theta, alfa, beta terus bekerja untuk memikirkan, meningkatkan dan mengembangkan profesi Keperawatan.. dan itu semua tidak akan pernah mati selama itu ada di dalam relung-relung spirit kita ..

Bahwasannya pada tahun ke-dua semenjak blog ini diluncurkan.. waktu telah menyatukan banyak pemikiran..interaksi yang terjadi antara penulis dan pembaca menjadi semakin berkembang.. dan hal tersebut tidak dapat dimungkiri lagi bahwa blog ini menjadi sebuah “kepemilikan” bersama dalam arti yang lebih luas. Bila diawal kemunculan blog ini adalah di awali oleh dinamika Komite Keperawatan di RSU Banyumas, sebuah rumah sakit di kota kecil Banyumas yang tidak jelas terlihat detailnya di Google Earth.

Kemudian blog ini semakin berkembang menjadi “portal” pemikiran… dan kedepan blog ini menjadi sebuah blog yang semakin mengglobalkan pemikiran, ide , gagasan dan opini tentunya untu kemajuan profesi Perawat.

Dalam perkembangannya pemikiran yang muncul terkadang aneh, nyleneh, bahkan lucu dan ironis dan itu semua adalah menjadi tanggung jawab bagi yang menuliskannya dan bukan mewakili opini dari sebuah komunitas.. namun demikian bila ada hal yang positif yang bisa diambil manfaatnya oleh pembaca tentunya itu bisa di ambil seluas-luasnya..sebaliknya bila ada hal yang negatif menurut pembaca kiranya pembaca sudah bisa menilai dan mengambil sikap yang sebaik-baiknya.

Demikian pula halnya dengan komentar yang masuk dan menanggapi pemikiran di blog ini..komentar tersebut adalah sepenuhnya tanggung jawab dari yang menuliskan komentar.. tentunya interaksi pemikiran tersebut kiranya bisa menjadi sebuah pembelajaran bagi kita bersama.

Terima kasih.. mari kita berbagi pemikiran ..

Ong Rosyad

7 Balasan ke OUR SPIRIT

  1. Edi Purwanto berkata:

    Mana spiritnya….

  2. banyumasperawat berkata:

    sory boss belum sempat posting kemarin internet kita lagi down.. tunggu aja tanggal main oke deh…

  3. Aris Widiatmoko berkata:

    Salut hebat buat Perawat Banyumas, terutama pengelola WebBlog ini ( Mas Ong Rosyadi )!

    Saya kenal RSUD Banyumas sejak 1986, dan yang paling berkesan bagi saya adalah semangat untuk maju dalam selalu ada kompetisi yang positif untuk meningkatkan kualitas pelayanan.

    OUR SPIRIT! SEMANGAT KITA! itu mengingatkan saya ketika bersama tim saya dan dibantu Pak Amin Effendi membangun SIMRS Banyumas pada tahun 1986, hanya bermodal SEMANGAT tanpa tanpa ada pertimbangan bisnis apapun!!
    (Walohi … uang jajan dari RSUD Bms waktu itu tidak cukup untuk membeli kopi dan pisang goreng nyuguhi Pak Amin yang hampir tiap malam datang kerumah saya di Purwokerto nglembur nggarap SIMRS bareng sampai jam 4 pagi!)

    Maklum, waktu itu saya kerja di perusahaan swasta sehingga hanya menyediakan waktu buat kerja buat RSUD Banyumas jam 9 malam sampai pagi, ditungguin Pak Amin yg dengan SEMANGATnya naik motor dari Banyumas ke Purwokerto (seminggu bisa 3 – 4 kali).

    Dan Alhamdulillah, setelah 6 bulan kerja, SIMRS Banyumas bisa terwujud …

    DAN … kenapa kami mau kerja suka rela seperti itu? … PAK SUTOTO lah orang yang mampu membangkitkan SEMANGAT kami!!!

    SEMANGAT Pak SUTOTO (sekarang DIRUT RS Dharmais) untuk mewujudkan SIMRS yang baik di RSUD Banyumas, telah mengobarkan semangat kami untuk ikut mendukung mewujudkannya … !!!

    Sekali lagi, semua karena OUR SPIRIT!

    MAJU TERUS MR. ONG ROSYADI dkk, MAJU TERUS RSUD BANYUMAS!

    Salam hangat,
    Aris Widiatmoko

  4. nama berkata:

    mungkin untuk sementara kita alihkan perhatian terhadap sesuatu yang bersifat kemanusiaan, kita singkirkan dulu hal-hal tentang bagaimana cara menyuntik agar tidak sakit, tentang bagaimana cara merawat luka, tentang asuhan keperawatan yang “computerized”, tentang NIC-NOC, tentang akreditasi, tentang ISO, dan tentang hal lain yang bersifat teknis.
    Tulisan ini ditujukan untuk seluruh perawat RSU Banyumas khususnya, lebih luas lagi petugas medis RSU Banyumas, lebih luas lagi seluruh karyawan RSU Banyumas, dan semua pada umumnya.
    Mungkin sudah banyak yang mendengar adanya rekan perawat di RSU Banyumas yang kebetulan karena resiko pekerjaannya, dia terinfeksi bakteri TBC. Sebenarnya sudah lama kasus ini menimpa dia, tapi entah karena tidak dirasa atau hal lain, penulis kurang mengetahui.
    Yang menjadi keprihatinan penulis adalah, sungguh ironis hal seperti ini menimpa petugas kesehatan, walau kita tahu bahwa resiko petugas kesehatan adalah kemungkinan terkena infeksi dari pasien. Tetapi bukankah seharusnya juga ada manajemen resiko untuk menghindari atau meminimalisasi resiko, atau setidaknya ada suatu usaha pengobatan yang serius dari awal sehingga tidak semakin parah.
    Kita tidak tahu ini salah siapa, dan memang seharusnya kita jangan menyalahkan siapa atau siapa. Tapi kita harus peduli.
    Saya bukan perawat, tapi saya berfikir, bagaimana jika hal di atas itu menimpa saya? Atau adik saya? Atau istri saya? Atau anak saya? Atau ibu saya, dan seandainya saya masih kecil yang harusnya bermain dan bercanda dengan ibu?
    Untuk saat ini mungkin saya tidak akan menangis, yang mungkin karena air mata sudah habis.

  5. ariani berkata:

    Assalamu’alaikum
    Subhaanallah !!! sepakat. salut lut lut juga..andaikata semua perawat Indonesia kaya perawat banyumas gini, rasa-rasanya kejayaan perawat Indonesia tinggal sebentar lagi.

    Sekedar share, seperti yang sudah kita tahu perawat philippine yang begitu terkenal dan hampir di tiap negara ada, ternyata dulunya juga sama kondisinya dengan kita di Indonesia. Simpang siur pendidikan nya, bergaining position yang lemah, mahasiswa perawat yang gak PD alias gak punya jati diri, etc. But ternyata mereka bisa mendunia juga tuh.
    It means: tinggal tentukan saja (mau segera atau santai saja)kapan kita mau mendunia juga and of course yang paling penting in our own lovely country bisa unjuk gigi alias kerasa’ lebih manfaatnya buat masyarakat luas.

    OK, maju terus Perawat Banyumas.
    SPREAD YOUR SPIRIT TO ALL NURSES IN THIS COUNTRY!!!!
    Wassalam

  6. alirosjidi berkata:

    Assalamu’alaikum wr.wb

    Salut deh ama Perawat Banyumas..

    Namun klo boleh kasih saran, Web nya komite perawat banyumas kan masih ikut wordpress.com
    Apa nggak sebaiknya ngambil hosting sendiri, agar lebih keren. kan hostingnya ada yang murah kok.
    Apalagi di rsu anda kan udah punya domain sendiri rsubanyumas.go.id, tinggal ikut jadi sub domainnya rsu. lebih enak dan gratis. Tinggal bilang aja ama IT/EDP nya rsu banyumas.. gimana???

    So.. maju terus Perawat RSU Banyumas

  7. tabloid ners berkata:

    MAS TUKAR LINK DENGAN KITA, ……..

    TABLOID NERS
    http://alhomiz.wordpress.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s